Blogroll

Selasa, 12 Februari 2013

Jenis file yang digu-nakan dalam instalasi sistem

Konversi File System FAT32 ke NTFS


Konvert dari File System FAT ke NTFS :

[ File System ] File system FAT32 adalah jenis file system yang harus kita gunakan dalam hal melakukan instalasi Windows 9x dan ME. Tetapi pada sistem operasi Windows yang berbasis NT, seperti halnya Windows NT, 2000 dan XP file system ini mulai tidak digunakan lagi.
Hal ini bukan berarti benar-benar harus ditinggalkan pada saat instalasi Windows 2000 maupun Windows XP, tetapi penggunaan file system ini masih disediakan pada setiap tahapan instalasinya, hal ini dikarenakan semata-mata atas pertimbangan user, jadi keputusan untuk menggunakan masing-masing file system apakah itu FAT32 atau NTFS tergangtung dari user itu sendiri.
File system FAT32 memiliki beberapa kelebihan, diantaranya dukungannya terhadap aplikasi-aplikasi yang lama, memungkinkan sistem operasi lain seperti Windows 9x untuk dapat lebih mudah mengakses file dan partisinya.
Bagi anda yang mementingkan keamanan dan kestabilan, NTFS lebih jauh lebih ampuh serta kemampuannya untuk meminimalkan fragmentasi serta kecepatannya file system FAT32 masih kalah jauh jika dibandingkan NTFS, namun demikian NTFS masih ada sedikit kekurangan yaitu NTFS akan sangat sulit diakses bahkan mungkin tidak dapat diakses sama sekali oleh sistem operasi lain seperti Windows 9x terutama apabila Anda melakukan dualboot system operasi.
Dengan kelebihan yang dimiliki oleh file system NTFS tersebut maka jenis file system inilah yang digunakan secara default pada Windows NT, XP dan 2000.
Mungkin jika Anda melakukan upgrade sistem operasi dari Windows 9x ke Windows 2000 atau XP, tentulah file system yang Anda miliki tersebut pasti FAT32. Dan mungkin Anda menginginkan untuk mengubah menjadi NTFS, atau sering disebut “convert” file system.
Dibawah ini akan langkah-langkah proses convert file system dari FAT32 ke NTFS, Namun sebelum melakukannya yang perlu diperhatikan adalah :
  • Setelah melakukan convert, anda tidak bisa mengembalikan ke file system sebelumnya. ( FAT32 to NTFS, Not NTFS to FAT32 ).
  • Pastikan selama proses convert arus listrik tidak mati, di kawatirkan proses gagal dan mengakibatkan format ulang.
  • Hasil convert tidak akan menghapus isi file yang ada di direktori anda.

Berikut langkah-langkah Proses convert dari File System FAT32 ke NTFS :

  1. Buka menu [Start] kemudian klik aplikasi [Run].
  2. Pada kotak dialog Run ketik cmd, kemudian tekan [Enter].
  3. Pada aplikasi command line yang terbuka, ketik help convert.
  4. Bacalah dengan seksama menu pertolongan yang disediakan, setelah itu Anda dapat mengetik perintah berikut:
c:\convert c: /fs:ntfs /v /x
Kemudian Anda akan mendapatkan peringatan bahwa convert ke NTFS akan dilakukan saat Anda melakukan rebooting, karena file system C:\ saat ini sedang aktif dan harus melakukan dismount terlebih dahulu. Anda tidak perlu melakukan dismount, karena Windows XP akan melakukannya untuk Anda saat booting. Anda hanya perlu menunggu proses konversi terhadap File System tersebut sampai selesai pada saat booting.

Konvert dari File System NTFS ke FAT32 :


0 komentar:

Posting Komentar